Saturday, July 2, 2016

Pegadaian Jember Banyak 'Dititipi' Laptop Mahasiswa Saat Ramadan


PT Pegadaian Cabang Jember menerima banyak titipan barang gadai berupa laptop dari mahasiswa selama bulan Ramadan tahun 2016.

Bulan Ramadan yang juga bertepatan waktu libur sekolah, membuat pegadaian dinilai menjadi tempat paling aman untuk menyimpan barang elektronik dan barang berharga lain milik mahasiswa.

"Iya, banyak mahasiswa yang menggadaikan laptop, sepeda, motor hingga mobil. Tetapi rata rata mereka hanya mengambil pinjaman sekitar 25 persen hingga 50 persen dari harga taksiran," kata Pimpinan PT Pegadaian Cabang Jember Putut Pribadi, Selasa (21/6/2016).

Putut menjelaskan, beberapa alasan mahasiswa menggadaikan barang miliknya untuk memenuhi kebutuhan daftar ulang kuliah dan biaya transportasi mudik ke kampung halaman.

"Sebanyak 70 persen mahasiswa Jember yang menggadaikan barangnya kepada kami beralasan untuk keperluan mudik. Karena pinjaman uang yang diambil jauh dari harga taksiran, biasanya mereka memakai istilah 'titip' barang ke pegadaian," ulas Putut.

PT Pegadaian cabang Jember mencatat adanya peningkatan jumlah barang yang digadaikan dibandingkan di luar bulan Ramadan.

"Biasanya perputaran laptop yang disimpan sekitar 11 - 15 unit per minggu, saat Ramadan ini mencapai 43 unit. Sepeda dari 4 - 10 unit menjadi 17, motor dari 4 menjadi 21 dan mobil dari 1 - 2 unit menjadi 6 unit," papar Putut.

Dia menambahkan, mengenai perputaran uang hasil dari transaksi gadai di Jember tahun ini juga meningkat sekitar 100 persen dibandingkan Ramadan tahun sebelumnya.

"Saat ini jumlah perputaran uang untuk gadai mencapai Rp 600 juta. Jumlah itu meningkat lebih dari 100 persen dibandingkan tahun lalu," sebut Putut.

Kabupaten Jember merupakan daerah yang memiliki beberapa Perguruan Tinggi, baik Negeri maupun swasta. Diantaranya Universitas Negeri Jember (Unej), Universitas Muhammadiyah (Unmuh), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Mandala, IKIP PGRI, Universitas Islam Jember, Universitas Moch. Sroedji, dan Universitas Terbuka. 

1 comment:

  1. Kunjungi situs Agen poker online terpercaya www.Aslibandar.net

    Dapatkan bonus Global Jackpot dan bonus lainnya

    Kemenangan mudah di dapat dan di jamin aman 100%

    CONTACT US
    * Ym: Aslibandar_Cs
    * Phone: 855976375885
    * Fb: AsliBandar
    * Skype: AsliBandar
    * Whatsapp: 85569776588
    * BBM: 2B3C34F4

    ReplyDelete

Berita Acak