Thursday, July 14, 2016

Rangkuman Lengkap Keterangan Saksi kunci Hani ungkap detik-detik kematian Mirna & gelagat Jessica


Sidang lanjutan kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin dengan terdakwa Jessica Kumala Wongso kembali digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, kemarin. Agenda persidangan yakni menghadirkan empat orang saksi dari Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Empat orang saksi tersebut adalah pegawai Cafe Olivier yakni, Rangga sebagai peracik (barista) es kopi vietnamese, Jukiah selaku kasir Cafe Olivier dan Agus Triyono pelayan yang mengantarkan Jessica ke kursi pengunjung.

Selain tiga orang itu, dihadirkan pula Hani Juwita Boon. Perempuan berkulit cerah itu merupakan teman Almarhum Mirna yang menjadi saksi kunci dalam peristiwa tewasnya Mirna. Saat itu, Hani ikut hadir dalam pertemuan Mirna dan Jessica di Cafe Olivier.

Hani yang hadir di persidangan dengan menggunakan kemeja putih itu tampak tenang menceritakan detik demi detik peristiwa pertemuan dirinya, Mirna dan Jessica di Cafe Olivier hingga berujung tewasnya Mirna beberapa waktu lalu.

1. Hani: Usai minum kopi Mirna marah & bilang 'Ini enggak enak banget'

Boon Juwita alias Hani, sahabat dekat Wayan Mirna Salihin menceritakan kejadian sahabatnya sebelum tewas di Cafe Olivier, Jakarta Pusat. Dia mengatakan, sesampainya di Cafe Olivier, Mirna langsung menenggak kopi Vietnam yang sudah dipesan oleh terdakwa Jessica Kumala Wongso.

"Ketika kita sampai di Cafe Olivier kan Jessica langsung memesan duluan karena dia datang duluan, dan Mirna langsung mengaduk kopi tersebut," kata Hani saat memberikan kesaksian dengan terdakwa Jessica atas dugaan meracuni Mirna, di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (13/7).

Setelah itu, Mirna langsung mengibas-ngibaskan tangannya dan bilang kalau kopi itu tidak enak. "Ini 'enggak enak banget' kata Mirna, mukanya langsung agak marah mengibas terus. Ini apaan dan Mirna bilang mintain air putih," cerita Hani.


2. Jessica sempat meminta air putih buat Mirna

Boon Juwita alias Hani mengungkapkan usai Mirna meminum kopi dan beraksi kopi itu tak enak, Mirna langsung meminta diambilkan air putih. Lalu, Jessica pun meminta air putih kepada pelayan di kafe tersebut.

Setelah itu, Hani juga mengakui Mirna sempat ingin memesan menu lain.

"Kita pesan yang lain aja ya, biar manis mulutnya," kata Hani saat memberikan kesaksian dengan terdakwa Jessica atas dugaan meracuni Mirna, di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (13/7).

Tidak lama kemudian, Hani yang berada di sebelah Mirna kaget melihat sahabatnya kejang-kejang dan mulutnya berbusa. "Sontak saya kaget karena mulut Mirna langsung berbusa dan matanya melotot," kata Hani dengan nada bergetar.

"Lalu Mirna langsung menyender di bangku dan saya minta tolong kepada satpam dan pegawai di sana," tutupnya.
 

3. Hani usai cicipi kopi Mirna: Rasanya panas, pahit dan pedas

Boon Juwita alias Hani, sahabat Wayan Mirna Salihin, mengaku sempat mencicipi kopi Vietnam yang diminum oleh Mirna. Dia mencicipi kopi tersebut lantaran Mirna terus menyuruh untuk mencoba.

"Jujur saya mau cobain, karena enggak enak Mirna kan sahabat saya," kata Hani saat menjadi saksi dengan terdakwa Jessica Kumala Wongso di ruang sidang PN Pusat, Jakarta, Rabu (13/7).

Kemudian, Hani pun mencicipi sedikit kopi tersebut. Dia pun sontak kaget karena rasanya tidak karuan.

"Karena saat coba, lidah kaget. Ini kopi atau apaan ya? Kok enggak enak banget. Saya enggak lepeh," cerita Hani.

"Rasanya panas, pahit, dan pedas. Saya merasa ini tidak bukan kopi yang biasanya," kata Hani.

4. Beberapa menit setelah minum kopi, Mirna kejang & mulut berbusa

Hani alias Boon Juwita mengakui sempat melihat Mirna tersenyum usai minum kopi Vietnam di Cafe Olivier, Grand Indonesia. Senyuman terakhir itu dilayangkan ketika Mirna ingin memesan minuman yang manis dengan Hani.

"Ayo kita lihat menu. Setelah itu masih ngobrol dan dan senyum ke saya masih bersandar," kata Hani menjadi saksi dengan terdakwa Jessica Kumala Wongso yang diduga membunuh Wayan Mirna di ruang sidang PN Pusat, Jakarta, Rabu (13/7).

Hani juga menceritakan bahwa rasa kopi tersebut tidak enak. Setelah meminum kopi itu, Mirna masih bisa berbicara beberapa menit. Setelah itu Mirna langsung kejang-kejang.

Mulutnya keluar buih dan sulit bernapas. Mirna pun mengeluarkan suara aneh. Hingga akhirnya dibawa ke klinik dan dinyatakan meninggal di RS Abdi Waluyo.

"Tak lama, Jessica pun datang setelah mengambil air putih kemudian Mirna mulai kejang-kejang," tutupnya.

5. Dengar Mirna meninggal dunia, Jessica sempat berucap 'I am sorry'

Merdeka.com - Hani menceritakan terdakwa Jessica Kumala Wongso mendadak sesak napas. Jessica sesak napas ketika korban Wayan Mirna Salihin diberitahukan meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta Pusat.

Tetapi, setelah itu menurut Hani, Jessica hanya sesak napas beberapa menit lalu langsung menanyakan kepadanya bagaimana keadaan Mirna.

"Terus Jessica tanya, 'Mirna kenapa?' Sandy bilang Mirna sudah enggak ada. Dia bilang, 'I am sorry'," cerita Hani terdakwa Jessica Kumala Wongso yang diduga membunuh Wayan Mirna di ruang sidang PN Pusat, Jakarta, Rabu (13/7).

Kemudian, Hakim pun bertanya terkait perkataan Jessica yang meminta maaf kepada Mirna.

"Apa kamu tahu maksud perkataan 'I am sorry'?" kata salah satu hakim.

Namun Hani tak mengetahui maksud perkataan maaf Jessica. "Mungkin artinya turut belasungkawa meminta maaf karena tidak bisa menyelamatkan dia," jawab Hani.


6. Hani sebut Jessica keluar grup WhatsApp usai kematian Mirna

Hani sempat mengungkapkan sikap berbeda terdakwa Jessica Kumala Wongso setelah peristiwa kematian Mirna. Majelis hakim sempat bertanya apa yang dilakukan Jessica pasca meninggalnya Mirna. Menurut Hani, Jessica tiba-tiba keluar dari grup chat di WhatsApp. Dalam grup berisi empat sekawan itu hanya Hani dan Vera yang tetap bertahan.

"Setelah kejadian apakah ada yang left dari group WhatsApp?" tanya hakim.

"Ada, Jessica. Saya dan Vera tidak," jawab Hani.

"Tahu alasannya?" tanya hakim ke Hani. "Saya tidak tahu," jawab Hani lagi.

Meski sudah left group, Hani mengaku tetap berkomunikasi dengan Jessica secara pribadi. "Saya dengan Jessica mulai perbincangan di private chat," ucapnya.

0 komentar:

Post a Comment

Berita Acak