Tuesday, July 26, 2016

Piala Adipura Buana Banyuwangi Diarak Keliling Kota Senin Kemarin

 

Kegembiraan dirasakan masyarakat Banyuwangi atas diraihnya piala Adipura Buana. Sejumlah warga terlihat berkerumun di sepanjang jalan kota, melihat prosesi arak-arakan capaian piala lambang supremasi kebersihan tersebut.

Piala tersebut diarak menggunakan mobil yang dilakukan oleh petugas kebersihan diiringi oleh tokoh pahlawan Banyuwangi. Di antaranya Minak Djinggo dan para pengikutnya, serta diiringi tarian para penari Gandrung dengan pakaian merah menyala.

“Saya merasa bangga karena rakyat Banyuwangi berhasil mempertahankan Adipura empat tahun secara berturut-turut. Penghargaan ini merupakan hasil kerja keras seluruh masyarakat Banyuwangi yang ikut mendukung pemerintah daerah dalam menjaga lingkungan yang bersih dan nyaman. Semua berperan nyata, mulai dari pesapon, tukang sampah, dan yang paling nyata adalah kerja keras semua rakyat dalam mewujudkan budaya bersih di Banyuwangi” kata Anas.

Kategori baru penghargaan Adipura Buana ini meneguhkan kabupaten di ujung timur Pulau Jawa ini sebagai salah satu kabupaten terbersih di Indonesia. Setelah sebelumnya pada 2011 Banyuwangi pernah dinobatkan sebagai kota terkotor kedua se Jawa Timur. Tidak hanya sekedar bersih namun penghargaan ini juga  merepresentasikan keterlibatan dan partisipasi masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan.

“Perilaku masyarakat yang semakin sadar terhadap kebersihan di lingkungan sekitarnya menjadi kunci utama diraihnya penghargaan ini. Kami berharap kepedulian ini dapat terus bergulir untuk menciptakan Banyuwangi akan semakin nyaman untuk ditinggali,” ujar Bupati Anas.

Selain menciptakan kebersihan di lingkungan masing-masing, imbuh Anas, warga juga diajak turut menjaga kebersihan pada obyek wisata di Banyuwangi. Karena seringkali ditemui sejumlah destinasi kurang terjaga kebersihannya saat ramai pengunjung.

Sementara itu, kegiatan mengarak piala Adipura Buana tersebut juga menarik perhatian para wisatawan mancanegara yang datang di Banyuwangi. Mereka terpukau dengan suasana warga serta acara yang digelar oleh pemerintah Banyuwangi yang tak meninggalkan ciri khasnya dengan mengedepankan sisi budayanya. Menurutnya, kabupaten berjuluk 'Sunrise of Java' itu pantas mendapat penghargaan ini.

“It’s amazing. Really beautiful,” kata Castelli wisatawan asal Italia saat berada di pendapa Shaba Swagata Blambangan Banyuwangi, Senin (25/7/2016). (rin/ted)

0 komentar:

Post a Comment

Berita Acak